Selasa, 24 Januari 2012

BULETIN DOA NHKBP PARDAMEAN MEDAN
EDISI JANUARI 2012
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu {Yohannes 17:9}
HIDUP BARU : MENGENAKAN YANG BARU MENINGGALKAN YANG LAMA
Saudaraku! kita sudah memasuki Tahun yang baru 01 Januari 2012, sebelumnya diucapkan Selamat Tahun Baru bagi seluruh saudara/i seiman NHKBP Pardamean Medan. Suatu kebahagiaan bagi kita  dapat melewati tahun 2011 memasuki tahun 2012, semua kita berharap hidup lebih baik di tahun baru ini. Penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita  sudah terbukti, Dia tetap bekerja, memelihara dan memberi kita kekuatan dalam menghadapi gelombang hidup ini.  TuntunanNya  mengarahkan hidup ke arah yang baik, kasihNya  memberi harapan bahwa kita  terus maju dan memantapkan langkah menuju hidup yang baru. Hidup baru bukan hanya semboyan yang didengung-dengungkan tetapi ditunjukkan melalui sikap, pola pikir yang baru sesuai kehendak Tuhan. Masih banyak hal yang perlu kita tinggalkan di tahun yang lama 2011 yakni sikap egoisme, rasa ketidakperdulian, masih ada sikap HOTEL (Hosom, Teal, Elat, dohot Late). Namun  di tahun 2012 ini  kenakanlah manusia baru yakni : Buah-Buah Roh : Kasih, Sukacita, Damai Sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri.
Saudara! mengenakan manusia baru berarti menanggalkan segala sesuatu yang dapat merintangi langkah kita datang pada Tuhan. Biarpun tahun berganti bukan berarti  masalah berlalu, namun perlu kita ingat  berada dalam masalah membuat hidup lebih dewasa dan sekaligus menjadi evaluasi diri. Banyak hikmat yang dapat diambil dari peristiwa yang terjadi, ragam masalah memperkaya diri untuk memahami arti hidup yang sesungguhnya. Persoalan tahun yang lalu mungkin belum terselesaikan dan masih berlanjut di tahun baru ini, penyakit yang kita derita,  rasa aman dalam peribadahan masih menjadi persoalan, bencana alam (banjir, longsor) di beberapa tempat, masih banyak warga masyarakat yang kehilangan tempat tinggal karena penggusuran, terjadi demonstrasi. Tugas dan tanggungjawab kita sebagai warga Negara yang sekaligus warga gereja harus lebih banyak merenung dan berbuat untuk dapat mencapai hidup aman, sejahtera dan damai, kita percaya bahwa Tuhan tetap bersama-sama dengan kita. Allah menghendaki agar manusia dapat mengenakan hidup baru dengan selalu mendahulukan kasih, damai dan sukacita bagi sesamanya. Hidup di dalamnya memampukan kita melihat bahwa sesama adalah bagian dari kehidupan kita.
Saudaraku! Manusia tidak dapat hidup dari dan untuk dirinya sendiri, ia adalah makhluk yang saling membutuhkan. Kemampuan untuk berbuat pada sesama terletak pada hati dan jiwa serta  kualitas iman seseorang, semakin tinggi kadar iman dan sosialnya ia tidak merasa kehilangan ketika dia menolong atau berbuat  bagi sesamanya. Manusia baru bukan dilihat dari ukuran phisiknya yang baru tetapi dari pola pikir serta tindakanya. Ketika ada persoalan ia hadir membawa sukacita bukan memperkeruh suasana, ketika kasih semakin menipis, dia hadir membawa cinta kasih, ketika rasa aman terganggu, dia datang membawa damai. Di tengah-tengah kehidupan ini ada saja orang “mengail di air keruh” artinya kehadiranya memperkeruh suasana agar ia dapat mengambil keuntungan diri sendiri. Kita mendengar, korupsi merajalela di negara kita, orang  bukan semakin takut melakukanya tetapi semakin licik dan pintar. Pada hal perbuatan itu sudah merusak moral dan mensengsarakan banyak orang. Kita merasakan bahwa jurang pemisah antara si kaya dan si miskin semakin jauh, ketika si miskin tidak berdaya sering diperalat untuk kepentingan dirinya. Selalu hidup dalam pikiran yang lama yaitu perbuatan kegelapan yang membuat orang sengsara dan hal itu perlu ditinggalkan kalau ingin hidup ini lebih baik.
Saudara! sekarang di tahun 2012 ini sebagai  kesempatan baik untuk memberi kontribusi yang positif, mengevaluasi diri di mana tahun 2011 penuh dengan pergolakan, ada kegagalan dan ada juga keberhasilan, semuanya menjadi pelajaran berharga. Kenakanlah manusia baru yang diciptakan oleh Tuhan, hal ini berarti hidup di dalam Tuhan akan selalu menghadirkan kasih, damai dan sukacita di manapun ia berada. Tahun baru menjadi semangat baru untuk berusaha terus menghadirkan sesuatu yang dapat membuat dan mengarahkan hidup ke arah yang lebih baik. Setiap orang harus berbuat, apapun posisi dan bagaimanapun keberadaanya. Tuhan tidak menginginkan hidup menuju kehancuran, Dia sendiri telah datang ke dunia ini membaharui, membuka jalan baru, dan barangsiapa yang menerimaNya akan dituntun, dan orang yang menghidupinya akan diberi keselamatan. Dia memperlengkapi umatNya dengan memberikan FirmanNya sebagai penuntun, pembimbing hidup. Dengan Firman itu manusia dimampukan untuk membedakan manakah yang baik dan buruk, jalan menuju keselamatan atau jalan menuju kebinasaan. Manusia baru memilih jalan keselamatan sebab pikiranya telah diubah oleh Firman itu. FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Tanpa Firman Tuhan jalan itu akan semakin gelap dan membuat manusia sering salah arah sehingga tidak sampai pada tujuanya. Di tahun 2012 ini kenakanlah dan hidupilah Firman Tuhan, sebab itu adalah kekuatan bagi kita agar selamat dalam menjalani hari-hari kehidupan ini. Amin
                                              

  Salam Kasih dan Doa dari Team doa:

  Lasma, Dulles & Sarmauli



Jumat, 13 Jan 2012
“ Penuhi Mulut Dengan Pujian ”
Mulutku penuh dengan puji-pujian kepadaMu, dengan penghormatan kepadaMu sepanjang hari. (Mazmur 71:8)
Puji Tuhan, sekarang kita hidup di sebuah jaman yang menjunjung kebebasan berbicara atau berkata-kata. Orang tidak takut lagi ditangkap dan dipenjara hanya karena berbicara. Sebab itu banyak orang sekarang berani bicara apa saja yang ada di dalam hati dan pikirannya. Dan sebagian orang memakai kebebasan ini untuk berbicara sebanyak-banyaknya, selekas-lekasnya, dan  dengan sekehendak hatinya. Kemajuan teknologi membuat kita juga memiliki corong untuk menyaringkan dan memperdengarkan suara kita ke segenap penjuru dalam seketika. Dan sebaliknya membuat kita dapat mendengar dan membaca begitu banyak kata-kata dari siapa, kapan dan dimana saja.
Pertanyaan: kata-kata apakah yang paling banyak Saudara dan saya keluarkan dari mulut di jaman kebebasan ini? Keluhan dan sungut-sungut? Umpatan dan makian kemarahan? Kritik dan cela atau malah ejekan? Kata-kata bernas atau malah hampa? Kata-kata membangun dan meneguhkan? Atau asal bunyi?
Maka dengan demikian kita di ajak untuk melihat satu lagi fungsi mulut selain dari untuk memasukkan makanan dan berbicara. Yaitu untuk bersenandung dan bernyanyi memuji Tuhan. Mari memenuhi mulut kita dengan puji-pujian kepada Tuhan dan ucapan penghormatan kepadaNya. Banyak memang yang dapat dikeluhkan atau disungutkan dalam realitas, banyak hal yang pantas membuat kita mengeluarkan kata-kata marah dan maki, namun sesungguhnya tetap lebih banyak kasih dan kebajikan Tuhan dalam kehidupan ini yang bisa membuat kita bersyukur dan berterima kasih. KesetiaanNya dan keagunganNya tetap bisa membuat mulut kita penuh dengan pujian. Hikmat dan kekudusanNya tetap mampu memenuhi seluruh kerongkongan kita dengan penghormatan. Sebab itu alih-alih memenuhi mulut dengan keluh dan sungut, apalagi hinaan dan kebohongan, mari mengisinya dengan pujian dan hormat kepada nama Tuhan.
Mari berdoa agar setiap orang mau memuji Tuhan setiap hari dengan segenap hati dan pikirannya.sebab Tuhan setia, baik dan adil. Tuhan penuh dengan berkat. Sebab itu kita tak pernah kehilangan alasan memuji dan bersyukur padaNya. Minta agar Tuhan menerima pujian dan syukur kita.
Sabtu, 14 Jan 2012
Senyuman dan Kesehatan...
Bad mood tidak saja mengakibatkan wajah muram, tetapi juga bisa melemahkan fungsi imun tubuh dan bisa mengakibatkan penyakit. Dalam hal ini “Terapi Tawa" yang diprakarsai oleh Norman Cousins, perlu kita pertimbangkan penggunaannya. Penelitian telah membuktikan bahwa tawa dan sukacita meningkatkan fungsi-fungsi imun tubuh dalam memproduksi sel-sel yang membantu mempertahankan tubuh dari penyakit dan kanker.
Senyuman kita mengirimkan sebuah ‘pesan’ ke seluruh tubuh kita. Senyum dan tawa meningkatkan pelepasan endorphins – zat-zat yang memberi kita perasaan senang—dalam otak kita. Berbagai hasil studi mengatakan kepada kita bahwa zat-zat kimiawi tertentu dilepas dan mengaliri sistem tubuh kita, membuat kita lebih rileks dan membuat kita lebih sehat
Peneliti Jerman, R.G. Hamer, sejak tahun 1979 mengumpulkan data lebih dari 10.000 pasien penderita kanker. Ia menemukan bahwa kanker biasanya dipicu oleh suatu konflik batin yang disertai ketidakmampuan mengungkapkannya kepada orang lain, atau sama sekali tidak ada orang yang mau mendengarkan. Umumnya (kalau tidak semuanya) yang terlarut dalam konflik batin secara serta merta kehilangan kemampuannya untuk tersenyum.
pikulsalibJadi, jika kita tetap dalam sukacita dan terpancar lewat kemampuan tersenyum dan tertawa, fungsi sistem imune tubuh akan berfungsi dengan baik. Dalam kaitan ini kita dapat memahami mengapa firman Tuhan berkata, “hati yang gembira adalah obat” (Amsal 17:22). Jika senyum dapat membuat kita awet muda, kulit kencang tak berkeriput dan obat yang manjur, bukankah kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik dan aksesoris penghias tubuh? Bandingkanlah, gadis yang cantik sekalipun kalau marah, ia akan kelihatan jelek. Tetapi dari orang yang berpenampilan sederhana terpancar suatu keindahan yang tidak terbahasakan jika ia melempar senyum tulus. Mari berdoa agar saudara/i kita tidak pelit untuk tersenyum/ tertawa, selalu dengan sukacita dan doakan juga saudara/i kita yang kurang sehat pada saat ini.

Minggu, 15 Jan 2012
Mars NHKBP
Udur ma hita sasude Naposobulung Kristen Batak,
Sai unang marnaloja ho, tung unang tinggal nang sahalak.
Tuhan Jesus do Partogi dipatiur dalan i.
Sai tongtong ho diramoti unang ganggu roham i.
Arahon hahaanggim i mananda silang ni Tuhanta.
Sai pangke gogom i sude, manuhuk silang ganup ari.
Sai tajalo hagogoon na so hasuhatan i.
Asa saut ma jaloonta hasonangan surgo i.
Sai pasupasu, O, Tuhan, Naposobulung Kristen Batak.
Patau ma hami sasude, partohap di harajaonMu.
Sai ajari sai torangi pargogoi ma hami be.
Asa rap marhasonangan salelenglelengna i.

Unang lupa hita rap marminggu ate dongan-dongan, songon di endetai rap udur hita nian mandapothon tuhantai, jala unang lupa mangarahon angka hahaanggita lao mananda Tuhantai.

Senin, 16 Jan 2012
K A S I H
Kasih pasti lemah lembut. Kasih pasti memaafkan.
Kasih pasti murah hati, kasihmu, kasihmu, Ooh Tuhan.
Ajarilah kami ini saling mengasihi.
Ajarilah kami ini saling mengampuni. 
Ajarilah kami ini kasihMu, Ooh Tuhan.
KasihMu tulus tiada batasnya.

Mari berdoa agar semua orang saling mengasihi, mengampuni, mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budinya.
Selasa, 17 Jan 2012
ORANGTUA
Begitu besarnya kasih orangtua terhadap anaknya, mereka rela berkorban tanpa mengharapkan imbalan demi kemajuan dan kebahagiaan anaknya. Orangtua adalah harta paling berharga yang kita miliki selama kita  hidup didunia ini. Doakan
v  agar Tuhan yang memelihara kesehatan seluruh anggota NHKBP dan  orangtua , panjang umur, murah rezeki,
v  agar setiap orangtua lebih berhikmat n bijaksana mendidik anaknya
Yang dalam keadaan sakit pada saat ini, kiranya diberi kesembuhan

Rabu, 18 Jan 2012
“Kelompok DOA”
“Sebab dimana dua atau tiga orang berkumpul dalam namaKu, disitu Aku ada ditengah-tengah mereka” (Mat 18;20)
Tetaplah kita doakan supaya kita mampu melakukan kelompok doa kita di tengah pelayanan sebagai jalur untuk saling sharing dengan sesama anggota NHKBP dan tahu serta menyadari apa tujuan dilakukan, bukan hanya rutinitas belaka dan lewat kelompok saling untuk mengingatkan menjalankan buletin doanya tanpa sungut-sungut.

Kamis, 19 Jan 2012
BE POSITIVE
Menabur dalam   pikiran  akan menuai tindakan, menabur dalam tindakan menuai kebiasaan, menabur dalam kebiasaan akan menuai karakter, dan menabur dalam karakter akan menuai tujuan hidup” Dapat diartikan bahwa pikiran adalah media tanam yang sangat subur bagi tumbuh kembangnya segala sesuatu. Pribadi yang positif terpancar dari sikap, perkataan dan tindakan. Untuk bisa memiliki kehidupan yang positif awali dari pikiran positif, sebuah studi membuktikan bahwa pikiran positif membuat sikap kita positif dan akhirya mempengaruhi hasil yang kita peroleh, so jadilah pribadi yang positif.
Mohon agar NHKBP Pardamean dapat menawan pikirannya  dan terutama menjadi manusia yang berpikir positif bukan hanya sebaliknya (mampu mengintrospeksi diri masing-masing ).
Jumat, 20 Jan 2012
Indonesia 2012
apa yang terjadi di tahun 2012 ini??
Apakah ada hal-hal yang aneh terjadi di tahun 2012 ??
Apakah yang akan kita perbuat??
Saudara/i kita NHKBP Pardamean Medan, banyak yang akan terjadi di tahun 2012 ini. Mari berdoa buat bangsa Indonesia agar Tuhan yang memulihkan bangsa ini dari segala keterpurukan saat ini.

Sabtu, 21 Jan 2012
BILA KAU RASA GELISAH
Bila kau rasa gelisah di hatimu. Bila kelam kabut tak menentu hidupmu.
Ingat masih ada seorang p’nolong bagimu Yesus tak pernah jauh darimu
Bila cobaan menggodai dirimu.
Bila sengsara menimpa keadaanmu
Ingat Yesus tidak pernah meninggalkanmu Yesus slalu pedulikan kamu

Reff: Berseru dan memanggil namaNya Berdoa Dia ‘kan segra menghampiri dirimu. Pecaya  Yesus tak jauh darimu Yesus hanya sejauh doa

Mari berdoa supaya semua orang tidak gelisah dan selalu mengingat seorang penolong yaitu Tuhan Yesus biarlah  segala cobaan, kesengsaraan diserahkan kepadaNya sebab Yesus tidak pernah meninggalkan kita, mari berdoa juga buat pelayanan kita besok agar dapat berjalan dengan lancar.



Minggu, 22 Jan 2012
protes1Siapa pelayan itu jauh lebih penting daripada apa yang dapat dia lakukan. Sebab, siapa dia memberi kekuatan kepada apa yang ia lakukan. Dalam hal ini, ‘karakter’ adalah salah satu dari beberapa hal penting bagi setiap orang yang terlibat dalam pelayanan gereja. Pelayanan tanpa karakter hanyalah ‘aktivitas keagamaan’ atau malah ‘bisnis religius’.

Kita misalnya NHKBP, misalnya, membutuhkan sikap seorang pelayan tetapi ia harus selalu ingat bahwa ia melayani Kristus melalalui pelayanan Gereja. Jika kita tidak melayani Kristus, kita akan menyakiti sebagian warga jemaat dan menyenangkan hati sebagian lagi --khususnya mereka yang memenuhi keinginannya. Mari berdoa agar setiap pribadi hati yang rindu untuk melayani Tuhan, melayani dengan iman, ibadah sungguh-sungguh hidup dan penuh sukacita




Senin, 23 Jan 2012
TUGAS AKHIR
TA adalah tugas puncak seorang mahasiswa untuk menyelesaikan study dan sebagai satu syarat mencapai gelar dari jenjang sTudi yang diikuti.  dalam menghadapi masa ini banyak tantangan yang dihadapi si mahasiswa/i yang bersangkutan.  Mari doakan saudara/i kita yang dalam TA agar Tuhan yang memampukannya ( Alfoin, Lamhot, Roy, Grace, Tuison).
Selasa, 24 Jan 2012
Muda-Mudi Generasi Penerus
Berdoa agar terjadi kebangunan rohani dan rasa nasionalisme di kalangan muda-mudi, sehingga memiliki semangat yang menyala-nyala untuk bersaksi untuk melayani Tuhan dan juga semangat dalam menimba ilmu dalam memajukan negeri ini, mengisi masa muda mereka dengan kegiatan yang berguna, dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai generasi penerus bangsa.
Rabu, 25 Jan 2012
“ Semangat Melayani...,”
Banyak orang yang terlibat di dalam pelayanan, maupun pekerjaan yang lain yang pada awalnya bermotivasi lurus namun kemudian mulai berbelok. Doakan agar motivasinya yang mulai terkontaminasi oleh uang, jabatan atau kehormatan berbalik ke motivasi yang murni, yaitu melayani Tuhan dan melakukan pekerjaan dengan baik karena kasih yang tulus. Dan juga supaya di jauhkan dari jebakan yang kadangkala tanpa di sadari telah menyeret kita menjauh dari Tuhan.

Kamis, 26 Jan 2012
Berikut ini adalah dialog antara seorang istri yang memandangi wajahnya di cermin dengan suaminya yang membaca buku renungan harian.
Istri                  : Pa, sudah ada bercak-bercak hitam di wajahku
Suami              : Yang penting wajahmu masih ada Sayang........
Istri                  : Aduuuh Pa, bukan hanya itu, ubanku sudah mulai banyak.
Suami              : Masih lebih baik kan Ma, masih ada yang bisa dicat. bagaimana kalau botak?
Istri                  : Papa ‘gak ngerti. Malu kan? Muka ini ditaruh di mana?
Suami              : Lho, selama ini mama taruh di mana? Ma, yang penting                     hatimu dan  Wajahmu masih ada....
Papa tidak mencintai wajahmu dan rambutmu, tapi mencintai       dirimu, esssehhhh
Mari berdoa bagi saudara kita yang sedang menjalani hubungan cinta kasih agar dapat menjaga kekudusan, saling membangun, selalu diberkati dan doakan juga saudara/i kita yang rindu akan teman hidup supaya Tuhan menunjukkan yang terbaik.

Jumat, 27 Jan 2012
Bagaimana mengelolah Uang ?

            Uang harus dikelolah dan dipergunakan sebaik-baiknya. Alkitab mengatakan bahwa orang tua bertanggungjawab atas keluarganya ( 1 Timotius 5:8 ), karenanya perlu menabung untuk hari depan anak-anaknya ( 2 Korintus 12:14 ). Tuhan menghendaki agar kita mengelolah uang dengan baik dengan cara menabung. Jangan konsumtif, tapi belanjakanlah uangmu dengan efektif dan efisen agar engkau dapat menabung buat hari depan keluargamu.
Kita tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dan uang ( Matius 6:24b ), artinya uang tetap diperlukan tapi jangan sampai menjadi Mamon dalam kehidupan kita. Pada akhirnya Raja Salomo yang berhasil memiliki uang dan kekayaan yang berlimpah mengirimkan pesan pada kita bahwa kerja keras merupakan keharusan, tapi yang terpenting adalah takut akan Tuhan dan berpengang pada perintah Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang ( Pengkhotbah 12 : 13 ). Mari berdoa agar saudara/i kita dapat mengelola keuangan dengan baik dan tidak menejadi hamba uang.

Sabtu, 28 Jan 2012
Bangsaku Negaraku
Situasi nasional pada saat ini sangat berdampak pada kehidupan masyarakat seperti situasi ekonomi, politik, budaya, pendidikan dan dampak alam. Misalnya pertumbuhan industry dalam negeri merosot, ekonomi rakyat bertumpu pada pertanian usaha-usaha kecil semakin hancur akibat adanya invasi dan retail-retail modal besar, korupsi yang merusak ekonomi nasional, ketidakmampuan/ ketidakcakapan SBY dalam memimpin bangsa, munculnya gesekan-gesekan yang bersifat etnik, kedaerahan, antar-agama yang berpotensi memicu konflik horizontal, munculnya terorisme, perkembangan kebudayaan nasional seperti sudah terhenti, kualitas pendidikan nasional yang rendah, film, majalah, lagu-lagu yang bersifat cabul, membodohi, dam merusak moral rakyat. Dan juga banjir, tanah longsor, gunung meletus dan juga cuaca yang tidak menentu. Doakan agar semua pihak sadar akan hal tersebut terkhusus buat pemimpin Negara kita SBY-Budiono agar mampu mengambil kebijakan yang tepat dalam mengatasi setiap masalah tersebut, memiliki jiwa yang berani dalam mengambil sebuah keputusan, berkomitmen dalam memajukan Negara, berintegritas, bermoral dan juga takut akan Tuhan. Doakan juga agar rakyat Indonesia mendukung pemerintah SBY-Budiono dengan berpartisipasi dan berperan aktif layaknya seorang rakyat yang bisa memberikan masukan/ saran dalam pengembangan negara.
Minggu, 29 Jan 2012
Taati PerintahNya Jauhi LaranganNya!
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Yakobus 1:22)
Yesus mengatakan orang yang mendengar firmanNya namun tidak melakukannya sama dengan orang yang mendirikan rumah tidak berfondasi di atas pasir. Ketika angin dan banjir datanglah rubuhlah rumah itu. Sebaliknya orang yang mendengar firmanNya dan melakukannya dalam hidupnya ibarat orang yang membangun rumah di atas batu. Ketika angin dan banjir datang rumah itu tetap teguh dan kukuh. (lihat Matius 7:24-27)
Melalui firman Yesus dalam kotbah di Bukit dan surat Yakobus hari ini kita disadarkan betapa pentingnya menjadi pendengar sekaligus pelaku firman Tuhan. (Hati-hati: jangan berpretensi dapat menjadi pelaku firman Tuhan tanpa niat dan tekad mendengarNya seksama!). Firman Tuhan bukan sekadar hiburan bagi telinga atau mata, asesori, bumbu percakapan atau mantra. Firman Tuhan adalah perintah atau larangan, amanat, pesan atau janji yang mesti ditaati. Kita tidak boleh mengarang dalih, alasan atau pembenaran apapun untuk tidak melakukannya. Kata Yakobus mendengar firman namun tak melakukannya sama saja dengan menipu diri sendiri.
Lantas bagaimana? Apakah yang diperintahkan Tuhan untuk Saudara dan saya lakukan hari ini? Apakah yang dilarang Tuhan agar Saudara dan saya jauhi hari ini? Dengarkanlah baik-baik firmanNya dan patuhilah. Jangan pura-pura tidak tahu. Jangan tunda. Jangan berdalih. Lakukan segera disini dan kini demi namaNya.
Mari bedoa: Ya Allah, kami mau mendengar dan melakukan firmanMu. Berilah kami hati dan telinga yang selalu condong kepadaMu. Beri kami kekuatan melakukan firmanMu dan menjauhi laranganMu. Kuatkanlah kami dengan Roh Kudus. Hari ini kami berjanji lagi setia kepada Tuhan untuk melakukan….. dan menjauhi….. demi Kristus. AMIN.
Senin, 30 Jan 2012
Cintailah sesama manusia....!
Aku bersyukur, ya Allahku,
Untuk tahun-tahun tambahan yang telah Engkau berikan kepada kehidupanku
yang penuh dan giat di bumi ini.
Kini aku dapat melakukan sebagian hal yang telah lama ingin kulakukan,
namun aku tak pernah punya banyak waktu.
Aku berusaha melakukan hal-hal itu, ya Tuhanku,
bukan untuk kesenanganku, melainkan untuk melayani Engkau.
Ada surat yang harus kutulis,
Orang yang perlu kujumpai, teman-teman lama yang harus kuhubungi,
orang-orang sakit dan kesepian yang perlu kuhibur dan kuberikan suka cita.
Aku bersyukur untuk kesehatan yang masih tersisa dan untuk karunia-Mu
yang memungkinkan aku melaksanakan rencana-rencana ini.
Tolong aku, ya Allahku yang besar, untuk memanfaatkan hari-hari
dan tahun-tahun ini, untuk menemukan bahwa sukacitaku yang terbesar
bukan berasal dari apa yang kulakukan untuk diriku sendiri,
melainkan apa yang aku lakukan untuk orang lain.
Sementara aku menyerahkan diriku bagi kebutuhan orang lain,
tolong daku untuk menemukan sukacita dan pemenuhan
dari tahun-tahun tambahan yang ada di hadapanku ini.
Dengarlah doaku ini ya Allahku.
Amin...

Selasa, 31 Jan 2012
Sebuah sekolah pendidikan mewajibkan seluruh mahasiswanya yang tinggal di asrama untuk bangun setiap jam 5 pagi. Mereka semuanya harus mengikuti senam kesegaran jasmani (SKJ) secara bersama-sama yang selalu dihadiri oleh guru perguruan itu. Sang guru dikenal sangat 'disiplin' dan tidak sungkan memukul siswa yang tertidur dengan tongkatnya yang selalu ia bawa setiap pagi.
Pada suatu pagi yang agak dingin, ia memasuki kamar para siswa untuk memeriksa apakah ada yang masih tertidur. Ternyata ada seorang hasiswa yang agak malas bangun karena dinginnya suhu udara (teman-temannya biasa menjulukinya 'ratu tidur' hehe berarti bukan cowok kan,,,,). Si hasiswa itu sudah mendengar suara langkah Pak guru itu menuju kamarnya. Dia sangat ketakutan. Dengan cepat ia duduk dengan posisi berdoa di atas tempat tidurnya. Tetapi sesungguhnya ia tidak berdoa. Ia berkata dalam hati, "aduuuuuuh, sakitnya pukulan tongkat ini nantinya". Pikirannya sepenuhnya tertuju pada pukulan tongkat sang Pemimpin. Melihat keadaan 'doa' yang khusuk itu, guru keluar dari kamar itu. Beberapa saat kemudian, setelah si siswa melirik bahwa guru nya sudah tidak ada lagi di kamar, ia kembali merebahkan tubuhnya di tempat tidur sambil berkata dalam hati, "amaaaaan.....". Padahal, guru masih berada di luar, menunggu si mahasiswa selesai berdoa.
            Menganggap “doa” itu sudah terlalu lama, si guru kembali ke kamar dan melihat si siswa berbaring di tempat tidur. Tiba-tiba tongkat pun mendarat di kaki si siswa. Ia merasa sakit dua kali lipat karena (1) Kaget, dan (2) pukulan itu benar-benar sakit.
Bagaimana dengan doa-doa Anda?
Bagaimana kepemimpinan Anda? Yang suka pakai 'tongkat' silahkan bertobat! Heheheh
Biarlah kita merenungkan bagaimana cara kita berdoa, dan apakah kita pernah berdoa bagi saudara/i kita, bangsa dan negara kita?? Eitchhhh jangan lupa selalu berdoa ya saudara-saudaraku....
Tuhan memberkati....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar